19 Game Monster Hunter Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Android

Nggak perlu bingung nyari game Monster Hunter di Android lagi, buka aja artikel ini. Sayangnya, banyak judul eksklusif Android yang servernya sudah mati!

Lagi ingin mencari game-game berburu monster seperti Monster Hunter buat dimasukkan ke hape Android kamu? Nggak perlu bingung lagi, artikel ini sudah mengumpulkan judul-judul tersebut!

Sayangnya, beberapa judul seperti Rangers of Oblivion atau Errant: Hunter’s SoulWild BornDragon ProjectMonster Hunter Dynamic Hunting, dan Monster Hunter Explore semuanya sudah tidak aktif lagi.

Sementara judul lain yang kelihatan potensial, Yeager, tidak segera meluncurkan versi Android-nya. Yah, daripada kita bersedih, lebih baik segera melipur lara dengan memainkan berbagai macam pilihan game berburu monster berikut ini.

1. Monster Hunter Stories

Aslinya dirilis untuk 3DS pada September 2017, Monster Hunter Stories dibawa ke iOS dan Android beberapa bulan berikutnya, tepatnya di bulan Desember. Bisa dibilang ini merupakan Pokemon versi Monster Hunter; alih-alih sekadar berburu, diceritakan kita merupakan penduduk Hakum Village yang memiliki kemampuan untuk berteman dengan monster.

Meski dibanderol Rp280.000, kamu bisa mengunduh demo gratis berjudul MHST The Adventure Begin yang cukup panjang dan datanya bisa ditransfer ke versi berbayarnya.

2. Monster Hunter Riders

Game gacha yang mengambil latar di dunia yang sama dengan Stories ini rilis di Jepang pada Februari 2020 kemarin. Kemungkinan besar versi globalnya tidak akan muncul lantaran Riders sendiri kurang populer di kalangan gamer Jepang jadi kamu bakal perlu VPN kalau tertarik memainkannya.

Mengingat banyak judul game Monster Hunter yang memang dirilis khusus untuk Android tapi sudah tidak bisa dimainkan lagi, pilihanmu kalau tidak mau/bisa memakai emulator, ya, cuma ada dua ini saja.

3. Monster Hunter 3U

Baru dua judul sudah masuk ke daftar emulator. Sedih sih, tapi mau bagaimana lagi? 3U merupakan versi G-Rank (komplit dan mendapat tingkat kesulitan baru) dari Monster Hunter Tri yang rilis di Wii. Kedua judul tersebut menambahkan pertempuran dalam air yang sejauh ini belum muncul lagi di judul-judul lainnya. 3U pertama kali meluncur di 3DS dan WiiU pada Maret 2013 silam. Kini bisa kamu mainkan di Android dengan emulator Citra.

Citra versi resmi memang ada di Google Play Store. Tapi kalau kamu mengalami lag atau masalah, mungkin kamu bisa coba menginstal versi modifikasinya, MMJ.

4. Monster Hunter 4U

Versi G-Rank dari 4 ini merupakan pertama kalinya fitur mounting, map vertikal atau banyak tebing, dan senjata Insect Glaive tampil di serial Monster Hunter, diduga sebagai pengganti pertempuran bawah air yang membuat banyak orang kesulitan. Gamer global hanya mendapatkan versi 4U pada Februari 2015 lalu karena Monster Hunter 4 rilis eksklusif di Jepang.

5. Monster Hunter Generations

Judul Monster Hunter berbahasa Inggris terakhir yang meluncur ke 3DS pada Juli 2016. Bisa dibilang merupakan judul kompilasi, Generations memasukkan hampir semua monster dan peta dari Monster Hunter PS2 sampai 4U lengkap dengan fitur baru seperti Hunter Arts dan “senjata” baru, Prowler, yang memungkinkan kita main jadi Palico.

6. Monster Hunter XX 

Di 3DS, versi G-Rank Generations ini sebenarnya hanya rilis di Jepang pada Maret 2017 lalu, tapi para penggemar yang berdedikasi sukses menerjemahkannya menggunakan aset-aset versi global yang ada di Switch, sehingga kamu yang belum punya Switch pun bisa memainkan judul satu ini.

7. Monster Hunter Portable 3rd

Smartphone Android-mu masih kurang mumpuni buat menjalankan game-game Monster Hunter dengan emulator Citra? Nggak perlu sedih, karena masih ada banyak pilihan juga di PPSSPP!

Pertama, ada judul Monster Hunter terakhir yang rilis di PSP, Portable 3rd atau P3rd. Walau merupakan bagian dari generasi ketiga (bersama MH Tri dan 3U), game ini tidak menyediakan pertempuran dalam air.

Di sini Zinogre pertama kali menampakkan batang hidungnya. Game ini resminya rilis eksklusif di Jepang pada Desember 2010 silam dan mendapatkan versi PS3 di tahun berikutnya karena laku keras.

8. Monster Hunter Freedom Unite

Sebelum Generations Ultimate, bisa dibilang Freedom Unite merupakan judul Monster Hunter dengan konten terbanyak, mengumpulkan semua monster dari game-game PS2, PSP, dan dua monster dari game online Monster Hunter Frontier: Lavasioth dan Hypnocatrice. Nargacuga dan Ukanlos juga pertama kali muncul di sini. Freedom Unite atau FU meluncur pertama kali ke pasaran global pada Juni 2009.

9. Monster Hunter Freedom 2

Versi PSP sekaligus rilis global dari Monster Hunter Dos, game yang hanya terbit di Jepang untuk PS2. Long Sword, Gunlance, Hunting Horn, dan Bow — bersama Tigrex — hadir pertama kali untuk gamer global di judul generasi kedua ini. Freedom 2 dirilis di bulan Agustus 2007.

10. Monster Hunter Freedom

Bisa dibilang merupakan versi PSP dari Monster Hunter G, peningkatan judul Monster Hunter PS2 pertama yang lagi-lagi tidak rilis di luar Jepang. Game ini terbit di bulan Mei 2006.

11. Toukiden: The Age of Demons

Game bergaya Monster Hunter dengan tema monster yokai Jepang garapan Omega Force, developer milik perusahaan Koei Tecmo dan pencipta serial Dynasty WarriorsToukiden pertama kali masuk ke pasaran pada Februari 2014.

Karena Toukiden mengangkat tema monster yokai dengan unsur sejarah Jepang yang kental seperti halnya Monster Hunter Rise, saya pikir serial game ini bisa jadi alternatif yang nggak kalah seru kalau kamu belum punya Switch.

12. Toukiden Kiwami

Peningkatan dari Toukiden: The Age of Demons. Menambahkan tiga senjata baru (Spiked Club, Naginata, dan Rifle), empat NPC asisten baru, dan beragam fitur ekstra, maka bisa dibilang Kiwami merupakan versi G-Rank-nya Toukiden.

Memang hobi sekali developer Jepang morotin pemainnya, ya. Aslinya versi PSP-nya tidak dirilis dalam bahasa Inggris, tapi para fan sudah menerjemahkannya dari versi PS Vita, PS4, dan PC. Kiwami diterbitkan pada Agustus 2014.

13. God Eater Burst

Salah satu game mirip Monster Hunter di PPSSPP yang paling terkenal. Buatan Bandai Namco, di sini kamu dan teman-teman memainkan prajurit pemburu monster Aragami yang disebut sebagai God Eater. Perburuanmu dipersenjatai dengan God Arc, senjata yang bisa bertransformasi menjadi pedang maupun pistol. Burst rilis di PSP pada Maret 2011.

14. God Eater 2

Seperti halnya Toukiden KiwamiGod Eater 2 tidak memiliki terjemahan bahasa Inggris resmi tapi untungnya sudah digarap oleh para penggemarnya. Rilis pada November 2014, ceritanya mengambil waktu tiga tahun setelah Burst dan menyajikan tiga senjata baru: Shotgun, Boost Hammer, dan Charge Spear, serta fitur Blood Bullets dan Blood Arts.

15. Naruto Kizuna Drive

Di sini kamu bisa membentuk tim ninja empat orang dan memperkuat masing-masing anngota dengan berbagai macam gulungan ninja. Cukup berbeda dengan Ultimate Ninja Impact yang masih menambahkan banyak momen pertempuran melawan ninja biasa, Kizuna Drive lebih fokus ke melawan monster-monster raksasa, contohnya Kurama dan Shukaku palsu, iblis berbadan kekar, serta Three-Headed Guardian Beast. Game ini dirilis pada Maret 2011.

16. Lord of Arcana

Kalau kamu ingin main game berburu monster dengan nuansa fantasi yang lebih kental lengkap dengan sihir, kamu bisa mencicipi judul dari Square Enix rilisan Januari 2011 ini. Kamu berperan sebagai seorang Slayer, pendekar pembasmi monster di daratan Horodyn sekaligus bertugas mengumpulkan batu sihir Arcana.

Ada lima senjata berbeda yang bisa kamu pakai untuk bertempur; 1 Handed Sword, Mace, 2 Handed Sword, Polearm, dan Firelances; sebagian bisa digunakan bersamaan dengan tameng, sebagian tidak. Semakin sering kamu memakai senjata tertentu semakin banyak skill, sihir, dan kombo yang bisa kamu lancarkan.

17. The 3rd Birthday

Judul ketiga dan terakhir dari serial Parasite Eve. Kembali berperan sebagai Aya Brea, kamu ditugaskan untuk menghabisi para monster Twisted yang ingin memusnahkan umat manusia. Kamu tidak hanya dipersenjatai senapan mesin saja tapi juga bisa memerintahkan pasukan NPC atau memakai kekuatan Overdive untuk berteleportasi maupun mengendalikan tubuh prajurit yang ada di sekitarmu.

Sayangnya tidak seperti sebagian besar judul di daftar ini, game terbitan Maret 2011 ini tidak dilengkapi fitur kooperatif 4-pemain.

18. Bounty Hounds

Sesuai judulnya, kamu adalah anggota grup prajurit bayaran Bounty Hounds yang disewa untuk membasmi ras alien yang hidup di suatu planet agar planet tersebut bisa ditinggali umat manusia. Tapi saat melaksanakan tugasmu, kamu justru malah membongkar konspirasi yang melibatkan para kaum elit di Bumi. Total game ini menyediakan sekitar 500 senjata yang bisa kamu kumpulkan dan pakai. Bounty Hounds diterbitkan pada September 2006 dan juga tidak memiliki fitur kooperatif.

19. Phantasy Star Portable 2 Infinity

Di game bernuansa futuristis ini kamu berperan sebagai seorang prajurit bayaran di luar angkasa. Terdapat empat ras berbeda yang bisa kamu pilih sebagai karaktermu: Human, Newman (semacam elf), CAST (robot), dan Beast. Masing-masing memiliki desain armor dan kemampuannya sendiri.

Banyak gamer yang setuju bahwa seri ini merupakan “nenek moyang” dari Monster Hunter yang memiliki gameplay serupa. Lantaran sejak spin-off multiplayer dari seri Phantasy StarPhantasy Star Online, rilis lebih dulu pada tahun 2000. Sekuelnya yang satu ini sendiri terbit eksklusif di Jepang pada Februari 2011, dan seperti biasa, para penggemarnya sudah mengeluarkan terjemahan bahasa Inggrisnya.

Bagaimana, ada lumayan banyak kan game Monster Hunter yang bisa kamu mainkan di Android? Memang sih, sebagian besar harus dimainkan lewat emulator, tapi yang penting semua game ini bisa kamu mainkan dengan nyaman melalui smartphone. Setuju? Jika kamu mau menemukan informasi seputar game lainnya, kamu bisa mengunjungi https://gosocio.co.id/

Posts created 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *